Diberdayakan oleh Blogger.

Modal Awal Untuk Membuat Server Pulsa

Bisnis server pulsa merupakan bisnis yang belakangan ini mulai digeluti oleh para pelaku usaha. Utamanya para penjual pulsa yang dahulunya sebagai konter biasa ataupun master dealer yang membawahi beberapa agen.
Anehnya, anggapan bahwa mendirikan server pulsa itu harus bermodalkan dana puluhan juta. Itu tidak benar dan merupakan asumsi lama.
jasa server pulsa
Cara Kerja Server Pulsa

Modal Awal Server Pulsa

Setelah membaca artikel ini, maka anda akan tahu bahwa modal awal untuk membangun server pulsa tidaklah sebesar yang dibayangkan.
1. Perangkat Komputer dan Koneksi Internet yang Stabil
Sebagai modal awal untuk mendirikan sebuah server pulsa, tidak diperlukan unit komputer dengan spesifikasi wah seperti layaknya komputer untuk gaming, desain grafis dll.
Yang dibutuhkan untuk membuat server pusa adalah komputer biasa. Spesifikasi minimal untuk server pulsa adalah prosesor Dual Core dengan RAM 1 GB. Itu minimal, jika ada spesifikasi datasnya akan lebih baik.
Apakah harus komputer yang baru?
Jawabanya tidak harus. Jika ada komputer baru juga bagus, kalau tidak ada, maka pakai komputer bekas juga bisa. Bahkan anda bisa membeli CPU bekas di salah satu online store ternama di Indonesia dengan harga cukup murah. Jadi pada prinsipnya, dibutuhkan komputer normal untuk menjalankan server pulsa.
Selain komputer, dibutuhkan juga koneksi internet.
Koneksi internet dibutuhkan server pulsa untuk proses tarik stok host to host ( salah satu jenis stok server pulsa). Koneksi internet ini bisa dari layanan Speedy maupun dari modem GSM biasa. Yang perlu diperhatikan, koneksi yang dibutuhkan sebuah server tidaklah harus berkecepatan tinggi, melainkan stabil.
Kembali ke  perangkat komputer. Jenis software pulsa saat ini sudah dilengkapi dengn fitur autobackup.
Fungsi dari fitur autobackup ini adalah membackup data secara berkala sebagai antisipasi jika suatu ketika CPU rusak, software rusak ataupun kendala yang lain.
Biasanya ada sebuah flasdisk yang dibutuhkan sebagai cadangan data dari sebuah server, jadi meskipun hardisk rusak, maka cadangan database sudah tersedia.

2. Software Pulsa
Software adalah bagian dari perangkat server pulsa yang tugas utamanya adalah mengotomatisas semua pekerjaan yang berkaitan dengan keberlangsungan server pulsa itu sendiri.
Software pulsa berfungsi mengatur agar berjalan otomatis mulai dari proses isi pulsa, pendaftaran agen, input saldo deposit, cek harga dan menambahkan agen.
Banyak jenis software yang beredar dipasaran, namun berharga mahal. Jika ada yang murah pun, itu ternyata software bajakan. Perlu diketahui, software bajakan itu murah, namun jik pihak developoer melakukan update software, maka software anda tidak bisa digunakan.
Satu rekomendasi kami saat ini adalah software Roket Pulsa. Software ini bisa diperloleh dengan menghubungi pihak jasa server pulsa.

3. Modem untuk SMS Center dan SMS Sender
Banyak sekali orang bingung dengan modem yang akan digunkakan. Padahal, modem server pulsa yang berfungsi sebagai sms center dan sms sender ini berbeda dengan modem GSM yang lain.
Modem pada server pulsa adalah modem yang didesain untuk menampung dan menyebarkan sms dalam waktu yang hampir bersamaan.
modem sinlge
Jadi modem server pulsa dan modem internet itu memiliki fungsi yang berbeda.
ada banyak jenis dan merk modem pulsa.
Ada modem yang hanya berisi 1 kartu saja setiap modem. Lalu ada modem Modempool 8 Port USB. ,bahkan ada modem yang berisi 16 kartu, dan 3 kartu.
Modem pada server pulsa memang dikenal sebagai modem sm.

4. Cara Mengisi Stok Pulsa yang Habis.
Untuk mengisi stok pulsa, ada dua jenis stok pulsa sejauh ini.
- Stok Pulsa Host to Host ( H2H)
Stok pulsa jenis ini adalah stok pulsa yang diambil dari server lain memang menyediakan pulsa harga murah. Pengaturan stok dengan menggunakan H2H sangatlah mudah. Dengan cara deposit seperi biasa, maka anda udah bisa melakukan transkasi produk all operator. Pada stok lulsa server ini dikenal dengan sistem saldo. Jadi ketika saldo habis silahkan isi saldo seperti cara deposit pad umumnya.
Kelebihannya: Kita tidak perlu repot memikirka stok, tinggal deposit seperti biasa.

- Stok Pulsa Chip
Stok pulsa chip ini berlaku untuk satu kartu satu oeprator. Ada beberapa jenis chip, diantaraya Mkios ( TSEL), Mtronik ( Indost),Chip Dompul ( XL dan AXIS).
Untuk chip-chip dan stok pulsanya, silahkan datang masing-masing penyedia layanan, contoh ( Telkomsel ke Grapari).

Demikian artikel mengenai pembuatan server pulsa. Semoga memberikan pencerahan mengenai pemrodalan yang dibutuhkan dalam membangun server pulsa.
Beberapa artikel blog ini berasal dari Jasa Server Pulsa.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Modal Awal Untuk Membuat Server Pulsa"

Back To Top